Pengikut

Kamis, 27 November 2014

Pusing VS Sakit Kepala


Pernahkah Anda mengalami pusing atau sakit kepala? Atau pusing anda sebut sakit kepala bahkan sebaliknya sakit kepala anda sebut pusing? 

Banyak orang yang salah menggunakan kedua istilah ini kepada dokter, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda yang penyebabnya juga jauh berbeda. 

Apabila anda merasa penglihatan berputar, disekeliling anda seperti berputar itu berarti anda sedang mengalami pusing (dizziness) dan apabila anda mengalami kepala berat, berdenyut itulah yang disebut dengan sakit kepla. 

Oke, ga perlu pusing baca tulisan ini, karena disini Saya hanya akan sedikit berbagi ilmu mengenai perbedaan pusing dan sakit kepala.. 

Karena Saya yakin Anda pernah bahkan sering mengalami salah satu atau keduanya. 

SAKIT KEPALA
Sakit kepala atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Headache, dan dalam dunia media disebut Cephalgia (Cephal = kepala; Algia = nyeri/ sakit) merupakan sensasi nyeri di kepala dan dapat menjalar ke organ disekitarnya. Sensasi ini dapat dirasakan sebagai rasa berat, atau menusuk-nusuk, yang biasanya terasa berdenyut-denyut bisa juga tidak. Sakit kepala yang berat bisa disertai rasa muntah atau mual. 
Umumnya penyebab sakit kepala dibedakan menjadi dua golongan besar, yakni primer dan sekunder. Sakit kepala primer disebabkan oleh kelainan di kepala itu sendiri, sedangkan sekunder disebabkan oleh sakit di tempat lain yang akhirnya menyebabkan rasa sakit di kepala.

Sakit kepala primer diantaranya 
1. Tension Type Headache
2. Cluster Headache
3. Migrain


Gambar diatas menjelaskan tipe2 sakit kepala dan lokasinya

Sakit kepala sekunder diantaranya
1. Temporomandibular joint (TMJ) Headache
2. Sakit kepala akibat sinusitis
3. Sakit kepala akibat demam oleh karena infeksi virus, bakteri, dll ( dakit kepala saat terkena flu atau demam tifoid) 

PUSING 

Pusing atau Dizziness adalah kondisi dimana seseorang merasakan kepala ringan, atau merasakan lingkungan sekitar terasa berputar (vertigo) atau tetada seperti mau jatuh pingsan.. 

Pusing juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya : 
1. Tekanan darah rendah
Pusinh terjadi bila seseorang berpindah posisi tubuh terlalu cepat ( misal dari tidur berbaring langsung berdiri) hal ini akan menyebabkan penurunan aliran darah ke otak sesaat yang dapat menyebabkan pusing

2. Mata minus
Pusing dapat terjadi pada orang-orang mempunyai miopia (penglihatan dekat) ketika berusaha melihat objek yang jauh 

3. Vertigo
Vertigo adalah pusing berputar, terjadi akibat perubahan posisi kepala, terjadi akibat adanya gangguan fungsi vestibulum (keseimbangan) di telinga dalam. Pusing ini sering disertai mual dan muntah

4. Hipoglikemia
Merupakan kondisi gula darah seseorang sangat rendah, sehingga kebutuhan otak akan glukosa tidak terpenuhi, gejala utama adalah pusinh. Gejala hipoglikemia biasanya dimulai bila gula darah turun sampai dibawah 80mg/dl. 

5. Mabuk kendaraan ( motion sickness)
Terjadi pusinh, mual hingga muntah pada saat bepergian jauh menggunakan transportasi darat, air atau laut hingga udara. 


Sekarang, dapatkah Anda membedakan apa itu sakit kepala dan pusing? Semiga informasi di atas dapat memberikan pencerahan dan informasi yang dapat berguna.. Dan tentunya mencegah Anda mengalami pusing bahkan sakit kepala.. 

😉




1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus