Pengikut

Kamis, 04 Januari 2018

Cerita Persiapan Umroh saat hamil 7 bulan dan membawa balita

Niatan untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji Saya yakin sudah ada pada tiap umat Muslim di Dunia, terutama di Indonesia, tapi melaksanakannya itu yang adaa aja halangan, dari segi biaya, waktu, dll. Namanya juga mau ibadah pasti banyak cobaannya ya...

Anyway, setelah diskusi panjang dengan suami dan keluarga, akhirnya tetap memutuskan untuk berangkat Umroh walaupun dengan kondisi hamil 7 bulan saat berangkat Umroh, (takutnya abis lahiran malah bakalan gak jadi lagi deh tuhumroh karena udah punya buntut 2 :D ) karena jadwal Umroh 2017 setelah musim haji baru dimulai pada awal november, dan kebetulan Jadwal dari Travel Umroh kami, Al Aisy Al Karim ada jadwal berangkat di tanggal 15 November 2017...

Awalnya sempat mau berangkat berdua saja dengan suami, anak kami si Abyan yang usianya 18 bulan mau dititip ke Opa dan Nekma (Nenek Mama) nya, ternyata Plan ini gagal karena Opa dan Nekma mau ikut ibadah Umroh juga..baiklaaah... Sempet juga mau titip Abyan di Rumah Oma di Bukittinggi, tapi jadwalnya ngga pas sama jadwal libur Omanya (Oma masih aktif jadi Kepala Sekolah).

Jadi? Bismillah aja All Aboard!

Persiapannya apa aja..lumayan banyak karena mesti siapin pasport buat si Abyan karena di balita ini belum pernah keluar negri sebelumnya, jadilah negeri pertama yang disinggahin Abyan ya Arab Saudi.

Persyaratan untuk pembuatan Visa Umroh umumnya sama di semua Travel, diantara sbb:
1. Pasfoto dengan proporsi wajah 80%
2. Paspor yang masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan pada tanggal berangkat, kalo masa berlakunya kurang dari 6 bulan mesti perpanjang paspor dulu.
3. Buku kuning keterangan vaksin meningitis
4. Kartu Keluarga
5. Akte Nikah
6. Akte Lahir si Abyan


 Pada saat bikin paspor buat Abyan, Saya milih kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat karena lokasinya gak jauh dari tempat kerja, daripada bikin di bekasi bakalan susah bolak baliknya (karena harus izin 2x, saat pembuatan dan saat pengambilan paspor)
Di Kanim Jakpus skrg udah gak bisa lagi bikin paspor walk in, per 14 Juli 2017 mesti daftar via nomer whatsapp resmi kanim nya dan Abyan dapat schedule pembuatan 2 minggu dari hari daftar di whatsapp karena memang antrian di Kanimnya.

ini berita resminya --> http://www.imigrasi.go.id/index.php/berita/berita-utama/1428-atasi-permasalahan-antrian-paspor,-kantor-imigrasi-jakarta-pusat-berlakukan-%E2%80%9Clayanan-antrian-via-whatsapp%E2%80%9D

Cara daftarnya ke no whatsapp : 081299004406 dengan format #Nama#tanggallahir#TanggalKedatangan : contoh : #AbyanHafidzAldreen#28042016#31Juli2017

nanti akan ada balasan instruksi selanjutnya.


Ternyata bikin paspor anak itu harus banget dateng kedua orangtuanya, kalo salah satunya berhalangan hadir harus membuat surat kuasa tulisan tangan dengan materai 6000. Rempong. Setelah bersabar menghadapi persoalan bikin paspor, akhirnya pihak kanim memberikan bukti kwitansi untuk membayar paspor sebesar 355.000 rupiah yang baru bisa dibayarkan esok harinya, dengan mengambil kwitansi asli. (Untung deket kantor, kalo ngga, asli! mesti 3 x bolak balik ke kanim!!!) dan akhirnya besok dateng lg untuk ambil kwitansi asli, bayar ke bank BNI (lumayan jauh) dan paspor baru jadi 5 hari kerja setelah pembayaran paspor

Karena paspor Opa dan Nekma Abyan juga udh expired akhirnya perpanjang paspor di kantor imigrasi Bekasi, ternyata disini lebih mudah dan lebih cepet jadinya, lebih cepet kenapa? karena untuk bayar ngga mesti ambil kwitansi di hari besoknya, dan bayarnya ada bis dari POS parkir depan kantor. Jadi gampang banget!! plus jadinya si paspor cuma 3 hari kerja saja. OMG. KZL.

Setelah paspor selesai masih ada satu persyaratan lagi yang bikin bingung. Yaitu vaksin meningitis. Oh ya memang harus urus Paspor dulu baru vaksin, karena syarat dilakukan vaksin harus punya paspor ya..

Vaksin meningitis cuma ada di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) diantaranya KKP Bandara Halim dan Soetta, KKP Pelabuhan Tj. Priuk dan ada juga di Islamic Center kota Bekasi.

Setelah divaksin, KKP akan mengeluarkan buku kuning yang ada scan barcodenya. Opa, Nekma dan Suami gak ada malasah untuk di vaksin, tapi untuk Saya dan Abyan ngga mungkin di vaksin karena kondisi hamil dan usia Abyan masih dibawah 2 tahun. Sekarang pihak KKP juga tidak mengeluarkan surat keterangan tidak divaksin karena hamil ataupun usia dibawah 2 tahun. Agak keringet dingin juga, takut visa gak keluar, akhirnya minta surat keterangan ke dokter kandungan dan dokter anak, bahwa dengan kondisi tsb merupakan kontraindikasi untuk divaksin meningitis. Alhamdulillah VISA keluar juga hehe..

Untuk vaksin meningitis ini masa berlakunya 2 tahun, bila masa berlaku sudah habis maka harus dilakukan vaksin ulang.. Biayanya 305.000 per orang



Okay.. Persiapan persyaratan Visa DONE.

tinggal persiapan berangkat..
1. Perhatiin Cuaca di Arab
karena november cuacanya windy, kita bawa juga jaket, topi, sunglass dan payung, ternyata betul disana lumayan dingin malem sekitar 15 Celcius, dan saat di Mekah turun hujan 2-3 x.
2. Persiapan obat-obatan
ini yang agak banyak, daripada di Arab malah thawaf nyari toko obat jadi mending disiapin dari rumah, untuk Saya, vitamin hamil, untuk suami obat alergi (karena mmg punya alergi urtikaria), obat maag, obat pilek, obat batuk, obat radang, obat demam, obat nyeri dan jangan lupa obat oles buat pegel2. Buat Abyan, antimo anak (dikasih sesaat sebelum take off) obat demam, batuk, pilek, alergi dan obat diare. Lumayan banyak yaa dan sebaiknya semua obat JANGAN DITARO DI BAGASI PESAWAT, percuma dong udah bawa banyak2 malah pas di pesawat ato di perjalanan gak bisa dipake.
3. Diapers Abyan
karena hitungan umroh 9 hari dan rata2 si Abyan make 5-6 Diapers sehari, total bawa 60 an diapers yang 50 nya ditaro di koper, 10 nya di Diaper bag Abyan
4. Stroller or Hipseat?
Biar ga kebanyakan barang, akhirnya diputuskan bawa hipseat aja yang lebih bisa kepake dibanding stroller, karena stroller ga bisa juga masuk Masjidil Haram.

Abyan pake hipseat baby safe, yang pas 2 hari mau pulang ketinggalan di tour bus.. hiks..(ikhlas..ikhlas..)

5. Botol susu dan pencuci botol
6. Snack buat Abyan
7. Susu formula abyan yang udah di pack satuan pake plastik es yg panjang2, jadi pas mau bikin susu tinggal buka 1 plastik itu aja, biar gak ribet.

Abyan bawa 10 plastik susu formula untuk 10 sajian di Diaper bag dan bawa 1 kotak susu 800gr, ternyata kurang.. karena anaknya susah banget makan disana jadi kebanyakan minta susu.. akhirnya beli susu nestle NIDO di supermarket di Mekah
8. Doa banyak2 supaya perjalanan dimudahkan :D Jangan lupa minta maaf ke keluarga, sodara, temen supaya ibadahnya Plong.




4 komentar:

  1. Wah makasii bnyk sharingny mb.. ga suntik vaksin meningitis berarti gpp ya? Apa ada tips2 lain untuk pengganti vaksin meningitisny mb? Dan saya insyaallah jg umrah di usia kehamilan 7 bulan.. bismillah dilancarkan

    BalasHapus
  2. Halo Mbak.
    Mau bertanya.
    Memang kami sekeluarga juga berencana akan umroh, namun terkendala anak masih usia 17 bulan. Surat keterangan pengganti miningitis nya dari dokter anak biasa juga bisa ya Mbak?

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Mba, Saya juga akan berangkat besok, apakah harus minta Surat keterangan dokter lagi utk di pesawat?
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum mbak, sy juga mau berangkat umroh dengan anak usia 20 bulan, kendala di kkp juga mbak, mau tnya apa bs mbak share fomat surat keterangan kontra indikasi dari dokter spA katak bgmna? Tolong yah mbak

    BalasHapus